Minggu, 19 Februari 2017

PEMBANGUNAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH


Orentasi kita adalah pemecahan masalah, tapi bukan memecahkan masalah Pilkada Flotim.

Flotim dalam perjalanannya punya masalah yang banyak. masalah Pilkada bagi saya bukan masalah urgen demi kemajuan Flotim tapi Pemecahan masalah keluarnya Flotim dari keterpuruikan adalah Urgennya. Mari kita lihat Seorang figur yang bisa memimpin rakyat Flotim itu sebagai Faktor Pendukung tapi tidak menjadikannya sebagai faktor utama pemecahan. Rakyat Flotimlah yang utama terlibat sebagai faktor inti pemecah masalah.

Faktor - Faktor keunggulan kita punya, Kita punya tenaga (secara Fisik) yang cukup, Kemampuan Cukup, sudah banyak akses layanan yang sangat mendukung. tinggal kita gerak dan maju sedikit demi sedikit. Di sini rakyat sebagai Subyek pembangunan tapi harus digerakan dan dimampuhkan terlebih dahulu. Apa yang menjadi masalah umum rakyat diwajibkan berpikir dan mencoba memecahkannya terlebih dahulu.

setiap masalah apapun termasuk upaya mensejahterakan rakyat, rakyat harus tahu caranya kenapa mereka bisa sejahtera, bahwa sudah saatnya rakyat untuk sangat mampu melakukan sesuatu untuk mensejahterakan dirinya dengan memberikan katalisator penuh (fasilitasi yang oriented) untuk perubahan diri rakyat yang berbasis pemecahan masalah ini.

mari kita majukan seluruh aspek pembangunan kita dengan didahulukan prinsip analisis dan pemecahan masalah. termasuk melatih orang muda dan remaja usia sekolah tidak hanya pada skil dan pengetahuan saja tapi mereka dilatih dan diperbiasakan untuk memecahkan masalah dengan orentasi yang jelas. Termasuk memperbaiki pendidikan kita yang mestinya anak harus lebih banyak eksen dilapangan dan lebih dini mereka dikenalkan dengan kehidupan riil ketimbang berjibaku dengan teori dan hal2 umum formal lainnya. selain itu harus ada media center anak untuk berkarya sendiri, mereka bisa melakukan penelitian sendiri untuk menemukan sesuatu dalam berbagai bidang.

mari bersama pemimpin yang baru kita coba membangun dengan cara yang baru, sekali pun kecil jika dipertahannya akan tumbuh menjadi besar juga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar